Training di Hotel (Apa saja yang harus disiapkan)

Halo teman-teman,
Pada kesempatan kali ini Chandra akan nge bahas tentang apa aja sih yang perlu disiapkan dalam mencari lapangan pekerjaan khususnya untuk PKL lebih tepatnya lagi di perhotelan?!
Tapi tunggu dulu, apakah teman-teman sudah tau apa itu PKL? PKL adalah singkatan dari “Praktek Kerja Lapangan”. Untuk Prodi Pariwisata tepatnya perhotelan, biasanya kegiatan ini dilaksanakan untuk memperkenalkan kinerja pekerjaan yang selama ini dipelajari di sekolah maupun universitas berupa teori, dan juga melibatkan mereka dalam praktek pekerjaan secara langsung disalah satu hotel atau istilah yang sering disebut “Training”. Jadi, apa saja yang harus dipersiapkan untuk menghadapi PKL ini?

Hal- hal yang harus kalian tentukan adalah :
1.    Tempat yang dituju, kalian harus mengetahui dimana nantinya kalian akan melakukan PKL/Training. Misalnya, di Hotel bintang 5 kah, Villa, Restaurant, dll. Dalam memilih tempat untuk PKL usahakan mencari hotel-hotel besar ( 5-star hotel )/ yang brand nya terkenal (Internasional), Mengapa? karena hotel-hotel yang sudah berstandar internasional apalagi yang memiliki brandnya sendiri, akan lebih fokus untuk men-training dan juga dalam hal mengawasi, apalagi jika kalian hendak melamar pekerjaan, pastinya kalian diprioritaskan, Jadi pulang dari sana tidak ada kata “ Aduh, aku gak dapet apa-apa nih sehabis training disana “, “ Laporan harus aku isi apa saja ya” DOUBLE NO TO THESE WORDS. Tapi, kalian juga harus aktif dalam bertanya, namanya juga tempat kerja pastinya mereka sibuk terhadap pekerjaan mereka di setiap department, dan juga tidak mungkin mereka menjelaskan tentang semua hal, kecuali kita aktif bertanya.

2.    Department apa yang akan kalian pilih, ini adalah point yang sangat penting ting ting ting tingggg yang harus kalian pertimbangkan, Mengapa ayo? Ada yang bisa jawab??? Haha, Karena profesi yang kamu geluti dimasa yang akan datang ketika kamu sudah bekerja, pasti base on department apa yang kamu sudah pilih pada masa PKL itu sendiri. Tapi, gak menutup kemungkinan juga jika kamu ingin melamar didepartment yang lain, ya tapi pastinya lapangan pekerjaan melihat pengalaman yang sudah kamu dapatkan. Jadi, department harus sangat kamu pertimbangkan dengan baik dan juga sesuai dengan passion mu.

3.    Setelah mengetahui department mana yang akan dipilih, Pelajari  seluk-beluk department yang ingin kamu tuju, misalnya kalian memilih department Front Office/ F&B Service, sebisa mungkin kalian harus paham dan kiranya tau apa saja yang dilakukan di department tersebut. Kalian bisa searching lewat browser tentang apa saja pertanyaan yang biasanya diberikan, tips-tips untuk menghadapi test wawancara.
                                
4.    Siapkan Curriculum Vitae (CV), Buat CV seunik mungkin, jangan lupa jika mempunyai pengalaman kerja diisi ya dikolom pengalamannya, semakin banyak punya pengalaman kerja, semakin tertarik pula pewawancara yang akan bertanya-tanya pada kita. Biasanya beberapa universitas akan memberikan format CV yang nantinya kalian isi oleh data pribadi kalian. Biasanya CV bisa dikirimkan secara langsung ke HR department, Jika CV sudah selesai, jangan lupa untuk mengirim CV memakai map. Beberapa hotel juga mengijinkan CV untuk dikirim lewat email.
Jika mengirim CV secara langsung, biasanya akan diberi tau jadwal untuk interviewnya, Jika lewat email, harus menunggu balasan dulu.

5.   Test Wawancara, pada saat melakukan test wawancara ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:
·   Ketepatan waktu, Jika anda mendapatkan schedule jam 13.00 misalnya, kiranya kalian harus datang 15 menit sebelum test dimulai.
· Grooming, Biasanya pakaian yang dipakai adalah baju seragam sekolah/almamater, jangan lupa bagi yang perempuan untuk make up dan rambut diikat yang rapi. Bagi yang laki-laki juga rambut harus rapi.
·     Ekspresi, pada saat wawancara dimulai kalian tidak usah tegang, kalian harus percaya diri dan sopan, tapi jangan sampai kelewat percaya diri juga ya hehe entar kalian dikira sok pintar/sombong.
·  Biasanya wawancaranya ada 2-3 tahap/lebih, tergantung hotelnya saja. Pertama wawancara dengan HR (Human Resource), kedua dengan manager department tertentu, tapi sebelum wawancara dengan manager, bisa juga diwawancarai dengan assistant manager/ supervisornya.

Sekiranya, itulah hal-hal yang harus kalian pertimbangkan sebelum melakukan Praktek Kerja Lapangan. Jika kalian mau Tanya-tanya, bisa dicantumkan dikolom komentar ya, Terima Kasih telah membaca, semoga bermanfaat bagi kalian dan Good luck for your training!


Comments

  1. Apakah pertanyaan dalam bahasa inggris klau hotel di Indonesia

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

STP Bali : Pengalaman Test di STP Nusa Dua Bali

How Do I Begin